RPP 1 LEMBAR K13 SEMESTER 2 (KELAS 1-3)

REFERENSI LENGKAP FORMAT RPP 1 LEMBAR KELAS 1-3 KURIKULUM 2013 

(SESUAI PERMENDIKBUD NO.14 TAHUN 2019)




Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada hakikatnya adalah pegangan bagi seorang guru dalam mengajar di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar agar sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut. Setiap guru pada suatu sekolah berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, dan dapat memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah, di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.
Pada Permendikbud nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyerdehanaan RPP, Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Bahwa dari 13 (tiga belas) komponen RPP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti adalah tujuan pcmbelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (assessment) yang wajib dilaksanakan oleh guru, sedangkan komponen lainnya bersifat pelengkap.

Untuk membantu rekan sekalian dalam menyusun RPP yang sesuai dengan Permendikbud nomor 14 tahun 2019, dibawah ini kami telah menyediakan link download referensi file RPP 1 lembar Kurikulum 2013 SEMESTER 2 untuk tingkat kelas 1-3 SD/MI.

RPP KELAS 1 
- TEMA 5 : Pengalamanku
- TEMA 6 : Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri
- TEMA 7 : Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
- TEMA 8 : Peristiwa Alam
Download

RPP KELAS 2
- TEMA 5 : Pengalamnku
- TEMA 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
- TEMA 7 : Kebersamaan
- TEMA 8 : Keselamatan di Rumah dan di Perjalanan
Download

RPP KELAS 3
- TEMA 5 : Cuaca
- TEMA 6 : Energi dan Perubahannya
- TEMA 7 : Perkembangan Tekhnologi
- TEMA 8 : Praja Muda Karana
Download


=============================================================================

CREDIT TO

Komentar